Oleh Admin · 25 September 2024

kumparan Green Initiative Conference Dorong Keberlanjutan Lingkungan Melalui Kolaborasi Multi-Sektor

kumparan terus menunjukkan komitmennya dalam menanggapi isu lingkungan yang semakin darurat melalui acara kumparan Green Initiative Conference 2024 yang digelar di Hotel Borobudur Jakarta, 24-25 September 2024. Mengusung tema “Mendorong Keberlanjutan Melalui Kolaborasi Multi-Sektor”, acara ini mengajak individu, komunitas, perusahaan, dan pembuat kebijakan untuk bekerja sama dalam menciptakan masa depan Indonesia yang lebih hijau dan berkelanjutan.

Pemimpin Redaksi kumparan Arifin Asydhad memberikan keynote speech pada hari pertama kumparan Green Initiative Conference 2024.

Acara ini juga sekaligus menjadi momen peresmian kanal kumparan Green Initiative, sebuah platform yang bertujuan memberikan informasi terkini mengenai inisiatif hijau dari berbagai pihak dari individu, perusahaan, dan pemerintah. Peresmian kanal baru ini ditandai dengan prosesi penyiraman tanaman oleh Pemimpin Redaksi kumparan Arifin Asydhad bersama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Hari pertama acara berlangsung dengan antusiasme ratusan peserta dari berbagai latar belakang. Acara dibuka dengan penampilan kontemporer yang menekankan betapa pentingnya menjaga alam, dilanjutkan dengan penampilan violinis cilik Liam Gunawan yang memukau para tamu.

Dalam sesi keynote speech, Airlangga Hartarto mengapresiasi langkah kumparan dalam menciptakan masa depan yang lebih hijau. “Saya percaya, kumparan mampu mendapatkan dukungan dari berbagai pihak sehingga berperan penting dalam mewujudkan keberlanjutan lingkungan. Sebagai media informasi yang akurat dan tepercaya, saya harap kumparan bisa terus mensosialisasikannya,” kata Airlangga.

Acara dilanjutkan dengan empat sesi panel diskusi yang membahas tema-tema penting, seperti transportasi berkelanjutan, literasi hijau, dan aksesibilitas keuangan untuk pertumbuhan ramah lingkungan. Panelis dari sektor pemerintah, perusahaan, dan LSM turut serta memperkuat pentingnya kolaborasi lintas sektor dalam mewujudkan ekosistem hijau.

Hari kedua acara tak kalah menarik karena dihadiri oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Bahlil Lahadalia. Dalam keynote speech-nya, Bahlil mendorong masyarakat untuk bersama membangun masa depan energi rendah emisi di Indonesia. Ia juga mengapresiasi kumparan sebagai media yang tidak hanya menyajikan data dan fakta, tetapi juga menawarkan analisis yang relevan dengan kebutuhan global melalui pembahasan energi hijau, industri hijau, dan produk hijau yang menjadi isu global saat ini.

Acara dilanjutkan dengan dua panel diskusi yang membahas pentingnya energi rendah emisi dan kolaborasi industri keuangan dalam implementasi keuangan hijau. Dalam sesi diskusi ini, Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Alexandra Askandar dan Direktur Eksekutif Segara Research Institute Piter Abdullah Redjalam memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana sektor finansial dapat mendorong investasi hijau.

kumparan Green Initiative Conference 2024 menjadi bukti tanggung jawab kumparan sebagai media proaktif yang mendukung agenda hijau dengan menyajikan informasi relevan dan berkontribusi pada perubahan positif bagi Indonesia. Acara ini didukung oleh PT Astra International Tbk., Djarum Foundation, BRI, PLN, Bank Mandiri, Pertamina, Unilever Indonesia, Telkomsel, MindID, Pupuk Indonesia, dan Telkom Indonesia.