Oleh Admin · 08 September 2024

Kolaborasi kumparan dan KJRI Hong Kong melalui program kumparan Academy

Digitalisasi telah menjadi bagian penting bagi masyarakat global, termasuk Warga Negara Indonesia (WNI) di luar negeri. Kemampuan literasi digital menjadi bekal yang sangat krusial, khususnya bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) untuk tetap kompetitif dan berkembang di negara tujuan mereka. 

Untuk memenuhi kebutuhan ini, kumparan bekerja sama dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Hong Kong secara konsisten sejak 2018 menyelenggarakan pelatihan keterampilan digital bagi para PMI. Kolaborasi yang sudah terjalin erat ini kembali diperkuat dengan diadakannya program kumparan Academy: Digital Empowerment for Indonesian Migrant Worker in Hong Kong. 

Program ini bertujuan untuk memberikan pelatihan praktis dan relevan mengenai cara memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan kualitas hidup dan peluang ekonomi bagi para PMI. Acara puncaknya dihelat pada 8 September 2024 lalu di Hong Kong Science and Technology Park. Di momen ini, kumparan Academy memberikan pelatihan digital secara langsung kepada para PMI di Hong Kong. Pelatihan ini juga didukung oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI), sebagai bentuk komitmen bersama untuk memberdayakan masyarakat Indonesia di luar negeri melalui peningkatan keterampilan digital.

Di acara tersebut peserta mengikuti dua sesi interaktif yang dipandu oleh Corporate Communication Manager kumparan, Winda Dwiastuti. Sesi pertama ada diskusi bertajuk ‘Belajar Hasilkan Cuan dari Skill Digital’, yang dipresentasikan oleh Ikhwanul Habibi, VP of Content Strategy & Innovation kumparan. Di sini, Habibi berbagi strategi tentang cara memonetisasi keterampilan digital melalui pembuatan konten media sosial, pemasaran afiliasi, hingga bisnis jual beli online.

Sesi kedua menghadirkan Aji Surya, mantan Wakil Duta Besar RI untuk Mesir, dalam sharing session bertajuk ‘Digitalisasi dan Kreativitas: Jalan Menuju Kesuksesan bagi Pekerja Wanita Indonesia di Hong Kong’. Di sesi ini, para PMI diajak untuk berbagi cerita dan pengalaman tentang bagaimana mereka memanfaatkan teknologi digital selama bekerja di luar negeri.

Sebagai penutup, pemberian penghargaan kepada PMI yang berhasil menciptakan mini project terkait digitalisasi berdasarkan materi yang telah mereka pelajari selama sesi kumparan Academy. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Konsul Jenderal RI untuk Hong Kong, Yul Edison, bersama Pemimpin Redaksi kumparan, Arifin Asydhad.

Kolaborasi berkelanjutan antara kumparan dan KJRI Hong Kong ini merupakan wujud nyata komitmen kedua belah pihak dalam memberdayakan PMI melalui peningkatan keterampilan digital. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan para PMI dapat memanfaatkan teknologi untuk memperbaiki kualitas hidup mereka dan membuka peluang karier yang lebih baik di negara tempat mereka bekerja maupun ketika kembali ke Indonesia.