kumparan Gelar Festival UMKM Online Pertama dan Terbesar di Indonesia | Kumparan Showcase

Oleh Admin · 26 Oktober 2020

kumparan Gelar Festival UMKM Online Pertama dan Terbesar di Indonesia



Presiden Jokowi membuka acara Festival Usaha Milik Kaum Milenial (UMKM) online pertama dan terbesar di Indonesia yang diselenggarakan oleh kumparan pada 26-28 Oktober 2020. Acara ini telah diikuti oleh lebih dari 155.000 peserta dari seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan bahwa Festival Usaha Milik Kaum Milenial (UMKM) #TerusUsaha dapat menjadi wadah bagi para pengusaha milenial dan generasi milenial lainnya untuk saling bertemu, bertukar pikiran, berkolaborasi, dan meningkatkan keahlian untuk kemajuan bangsa. 

Jokowi menyambut baik inisiasi kumparan untuk menyelenggarakan Festival UMKM. "Saya memberikan apresiasi terhadap upaya yang dilakukan kumparan untuk memajukan usaha anak muda, kaum milenial. Semoga melalui festival UMKM online ini akan melahirkan, mendorong, dan memperkuat UMKM milik kaum milenial Indonesia," ucap Jokowi.

Menurutnya, kini langkah para pengusaha muda untuk membuat dan mengembangkan bisnis mereka sendiri akan semakin mudah. Salah satu sebabnya adalah karena adanya UU Cipta Kerja yang memangkas aturan yang rumit dan berbelit bagi para pengusaha. 

Jokowi optimistis potensi pasar digital di Indonesia dapat tumbuh pesat. "Di tengah potensi pasar yang besar itu, baru 8 juta atau 13 persen dari 64 juta pelaku UMKM yang telah melakukan integrasi dengan teknologi digital. Saya yakin UMKM kita akan bisa cepat naik kelas dengan menjadikan UMKM milik kaum milenial sebagai motor penggerak," lanjut Jokowi.



Sejalan dengan Jokowi, CEO kumparan, Hugo Diba juga menyampaikan keyakinan dan harapan yang sama untuk perekonomian Indonesia. Menurut Hugo, Festival Usaha Milik Kaum Milenial ini dapat dikatakan sebagai muara dari apa yang dilakukan kumparan sebelum dan sepanjang pandemi terjadi. kumparan terus berusaha membangkitkan semangat wirausaha di kalangan milenial. 

“Kami melakukan publikasi terhadap ratusan cerita inspiratif para pelaku UMKM, membantu didirikannya puluhan media di daerah lewat program 1001 media, bekerja sama dengan berbagai jenis UMKM untuk membantu penghidupan dan pengembangan mereka,” jelas Hugo dalam sambutan pembukanya.

Acara diawali dengan sesi conference yang digelar secara terbuka (live) di YouTube kumparan dan dilanjutkan dengan sesi webinar yang digelar secara tertutup. Pada hari ketiga, acara diakhiri dengan pemberian penghargaan Local Brand Editor’s Choice kepada UMKM terbaik. Adhie Ichsan, Editor in Chief kumparanMilenial mengatakan bahwa penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi kumparan kepada brand lokal yang turut memajukan ekonomi serta memberdayakan masyarakat di Indonesia. 

‘’Ini penting untuk diberikan karena selama ini merekalah yang sesungguhnya menjadi tulang punggung perekonomian di Indonesia. Baik di masa normal ataupun ketika krisis terjadi seperti saat pandemi COVID-19 ini,’’ kata Adhie Ichsan.

Pemilihan pemenang diawali dengan penghitungan Brand Index Score (BIS). Terdapat tiga parameter penilaian: Local Value yang mengukur besarnya unsur lokal dari suatu brand, Sales Value yang mengukur strategi pengembangan brand, serta Social Value yang mengukur keaktifan engagement brand dengan market milenial.



Dari ribuan brand yang diseleksi, tim redaksi kumparan memilih 30 brand lokal unggulan. Dari daftar unggulan inilah para juri yang terdiri dari CEO kumparan Hugo Diba, Editor in Chief kumparanMilenial Adhie Ichsan, dan Editor in Chief kumparanBisnis Wendiyanto Saputro memilih tiga brand lokal terbaik dalam tiga kategori:

Kategori Brand Lokal Paling Viral 2020: Rawtype Riot
Kategori Brand Lokal Inovasi Produk Terbaik: Magalarva
Kategori Brand Lokal Pendatang Baru Terbaik: Jago Coffee

Sementara, hampir 50.000 voters memilih Rucas Jeans sebagai Brand Lokal Favorit kumparan.

Selain itu, Grab juga ikut memberikan apresiasinya kepada empat mitra Grab terpilih dalam empat kategori:
Kategori Inspirasi Pendatang Baru: Auss.kah
Kategori Inspirasi Pemberdayaan Komunitas: Sweet Sundae Ice Cream
Kategori Inspirasi Peduli Lingkungan: DEMI BUMI
Kategori Inspirasi Tak Kenal Usia: Vanessa CELL

Para pemenang ini berhak mendapatkan hadiah total 1 miliar rupiah yang terdiri dari uang tunai senilai 10 juta rupiah dan paket publikasi di kumparan.

Acara ini berkolaborasi dengan Grab, TikTok for Business, Pertamina, Sosro, Jakarta Intercultural School (JIS), Prudential, IM3, Youtap dan sejumlah komunitas usaha kecil dan menengah di seluruh Indonesia.

Tayangan pada sesi conference Festival UMKM tetap dapat disaksikan melalui YouTube kumparan.