Live Corona Update Eps. 83: Prosedur Nonton Pertandingan Bola di Stadion | Kumparan Showcase

Oleh Admin · 06 November 2021

Live Corona Update Eps. 83: Prosedur Nonton Pertandingan Bola di Stadion

Lampu hijau yang diberikan pemerintah terkait uji coba menonton langsung pertandingan bola di stadion tentu disambut baik oleh para pemangku kepentingan. Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Liga di Indonesia, Akhmad Hadian Lukita, membenarkan rencana tersebut. 

"Kami telah bertemu dengan pemerintah melalui rapat langsung maupun secara online, mengenai uji coba adanya penonton di stadion. Setelah dibuat dan dipresentasikan, kami coba menghadirkan penonton dengan kapasitas terbatas," kata Akhmad kepada kumparan dalam Live Corona Update, Sabtu (6/11). 

Menurut Akhmad, kehadiran penonton dengan kapasitas terbatas tentunya belum dengan format komersial serta menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan terukur. Dia memastikan uji coba ini tetap mengutamakan kesehatan. 

Uji coba hadirnya penonton ketika pertandingan sepak bola telah tertulis dalam instruksi Menteri Dalam Negeri Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2, dan Level 2 Coronavirus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali. 

Adapun yang perlu dipatuhi  dalam melakukan uji coba adalah hanya 1 pertandingan setiap minggunya, jumlah penonton maksimal 25 persen dari kapasitas stadion atau paling banyak 5 ribu orang. 

Lalu, hanya penonton dengan kategori hijau dalam aplikasi Peduli Lindungi yang boleh masuk stadion. Kemudian, pertandingan yang dilakukan uji coba dengan penonton ditentukan oleh PSSI dan PT LIB. 

Obrolan langsung kumparan dengan Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita dapat disaksikan di YouTube kumparan. Kamu bisa langsung masuk ke tautan di sini.